Iklan Billboard 970x250

Cara Menghilangkan Green Screen di Premiere Dengan Mudah

Iklan 728x90

Cara Menghilangkan Green Screen di Premiere Dengan Mudah

Mau bikin video Gaming dengan latar game? Gunakan green screen, latar belakang hijau. Untuk editingnya yuk kita simak cara menghilangkan green screen pada premiere berikut ini.
Melihat para gamers bermain game dan latar belakangnya tampilan game yang di mainkan. Mereka menggunakan kain hijau yang membentang di belakang pemain gamer tersebut, kain hijau ini dinamakan green screen.
Tidah hanya para gamers, green screen juga di gunakan untuk siaran brita cuaca dan pembuatan film.

Gimana sih caranya?, Caranya dengan menggunakan Teknik chroma key yang bisa kamu gunakan di beberapa software editing video seperti Adobe After Effects dan Adobe Premiere Pro.
Di pembahasan kali ini kami akan membahas tentang bagai mana caranya menghilangkan green screen di Adobe Premiere pro.

Apa aitu Green Screen? Green screen adalah sebuah alat yang di gunakan untuk merubah sebuah background asli dengan Digital.

Teknologi ini memungkinkan kamu untuk membuat sebuah video dengan background game. Dengan Teknik editing, kamu bisa merealisasikan imajinasimu ke dalam bentuk video. Jika kalian penasaran yuk simak pembahasannya berikut ini.

Cara Menghilangkan Green screen di premiere
Sebelum memulai tutorial, pastikan kamu sudah menginstall software Adobe Premiere pro di PC atau Laptop kamu, karena di pembahasan kali ini menggunakan PC untuk mengedit green screen. Kalian sudah menginstallnya di PC yuk lanjut ke pembahasannya!.

1.  Masuk ke Software Adobe Premiere

Pastikan dulu kalian sudah membuka adobe premiere tersebut pada computer anda.

2.  Buat New Project

Setelah makau membuka premiere, di layer computer kamu akan muncul table Home berisikan berbagai pilihan. Klik “New Project…” untuk membuat projek baru.
Kamu juga bisa membuat projek baru dengan klik menu “file” di kiri atas > “New” > “Project..”.
Kemudian akan muncul tampilan “New Project”. Di sini maku diminta untuk mengisi Nama file, Location tempat kita menyimpan file, video display format, audio display format dan sebagainya. Ini kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan videomu. Kalo semua sudah di isi lanjut, klik “OK”.

3.  Memasukan footage video

Selanjutnya memasukan footage video green screen yang sudah kamu rekam ke dalam proyekmu. Caranya pada project di bagian kiri bawah klik 2 kali pada “import media to start” kemudian cari file video yg ingin kamu masukan > “Open”. Setelah video mu sudah muncul di project, kemudian kamu drag file tersebut ke “timeline”.


4.  Aktifkan “Ultra Key”

Efek ini adalah yang paling utama untuk menghilangkan green screen di premiere, yaitu dengan efek “Ultra Key”. Untuk mengaktifkannya, pergi ke “Effects” > pilih folder “Video Effects” > buka folder “Keying” > pilih “Ultra Key”. Kemudian drag effect Ultra key tersebut kedalam file footage yang ada di dalam timeline tadi. Jika sudah maka mengaktifkan effects Ultra Key sudah berhasil lanjut untuk meng edit.


5.  Menghilangkan warna hijau yang ada di video

Selanjutnya kita menghilangkan “green screen” warna hijau yang ada di video. Caranya pergi ke “Effect Control” > ke setingan “Ultra key” > klik “Pen” yang ada di “key color” > arakkan kusor ke bagian video yang berwarna hijau > klik warna hijau yang ada di video. Jika sudah maka warna hijau akan hilang.


6.  Background

Nah, kan sudah kita beri effect ultra key, kamubisa mengganti background footage kamu dengan video atau gambar yang baru. Dengan cara sama seperti yang sebelumnya di jelaskan pada tahap ketiga.
Jika sudah Drag gambar atau video background yang baru, letakan di layer nomor 1, footage video yang sebelumnya naikkan ke layer nomor 2. Pastikan footage kamu berada di atas background. Jika sudah kalian bisa menjalankan video nya.

Sekian dari cara menghilangkan green screen di premiere. Cukup mudah bukan dan selanjutnya kamu bisa membuat background kamu lebih menarik dan keren. 😊
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Iklan Tengah Post