Iklan Billboard 970x250

Cara Memperbaiki Tombol Touchpad pada Laptop Tenggelam saat di Klik

Iklan 728x90

Cara Memperbaiki Tombol Touchpad pada Laptop Tenggelam saat di Klik



Touchpad memiliki fungsi yang sangat penting dalam laptop. Touchpad adalah perangkat keras masukkan (input), touchpad di gunakan untuk menggerakan kusor dengan menggunakan jari.

Touchpad ini bagian yang tidak bisa di pisahkan dari laptop, walaupun tidak adanya touchpad pada laptop, laptop akan sulit untuk digunakan begitu pula dengan orang yang lebih terbiasa mengggunakan touchpad akan kurang nyamannya jika touchpad tidak ada, walaupun masih bisa menggunakan mouse.
Nah begitu pula dengan tombol touchpad baik tombol klik kana dan kiri, di saat mengkliknya tombol jauh menekan kedalam di saat mengklik atau tenggelam, walaupun masih bisa digunakan. Kenyamanan menggunakan touchpad ini bekurang berbeda dengan sebelumnya yang penekannanya terdengar dan lebih enak di tekan.

Tombol klik touchpad jauh tenggelam kedalam di saat mengklik, ini di sebabkan penekanan tombol touchpad yang terlalu keras dan juga sering di gunakan untuk mengklik dengan keras ini menyebapkan patah penyangga tombol touchpad yang terdapat di dalam touchpad.

Jadi kenyamanan touchpad ini bekurang berbeda di saat masih baru, kekurangan ini bisa dirasakan oleh orang yang lebih suka pekerjaannya menggunakan touchpad dan lebih sering menggunakan touchpad di banding dengan mouse, karena touchpad pada laptop bisa di gunakan di tempat manapun berbeda dengan mouse yang membutuhkan tempat datar rata seperti meja dan membutuhkan alas.

Terus bagai mana cara memperbaikinya?. Untuk caranya kita hanya perlu merekatkan kembali bagian yang patah yang terdapat di dalah touchpad. Berikut langkah – langkah memperbaikinya.

1.  Periksa touchpad.

Langkah pertama, yang harus dilakukan yaitu pastikan dahulu tombol klik kanan atau kiri pada touchpad itu jauh tenggelam di saat mengkliknya atau tidak, untuk memastikannya samakan saja pengklikan tombol yang kanan dengan yang kiri jika berbeda dan lebik kedalam misannya yang kanan dan yang kiri tidak, bisa di pastikan patah seperti kasus yang di alami saya, pengklikan yang kiri lebih kedalan di bandingkan yang kanan.

2.  Melakukan pembngkaran laptop.

Langkah kedua, yaitu melakukan pembongkaran pada laptop karena yang di perbaiki itu di dalam makannya harus membongkarnya terlebih dahulu.

3.  Cari bagian touchpad.

Setelah membongkar laptop, cari di mana letak posisi touchpad kemudian cari bagian yang patahnya, bisa dengan mengklik tombol bagian kanan atau kiri trang tenggelam, seperti terlihat pada gambar.

4.  Melakukan perbaikan.

Setelah jumpa bagian yang patah selanjutnya, melakukan perbaikan dengan melakukan pengeleman pada bagian yang patah, di sini saat pengeleman harus hati-hati karena jika terlalu banyak lem yam keluar lem akan menyebar dan bisa terkena bagian laptop yang lain menjadi lengket.

Lakukan pengeleman dengan bertahap supaya lem tidak melekat pada bagian yang lain.
Gunakanlah lem yang lebih keras agar bisa tahan lama dan tidak cepat patah lagi.
Tunggu lem sampai benar – benar kering, jika sudah kering lakukan pengeleman lagi agar lebih kuat. Tunggu lem benar - benar kering.
Setelah lem kering pasang kembali hatsingnya.

5.  Terakhir pengujian.

Langkah terakhir dengan melakukan pengujian pada touchpad, nyalakan laptop selanjutnya lakukan pengujian touchpad dengan mengkliknya apakah masih tenggelam atau tidak dan juga samakan dengan yang tombol klik yang tidak tenggelam sebelumnya, dan juga pastikan tombol klik berfungsi dalam mengklik.

Bisa di lihat hasil pada gamba, selum di perbaiki dan yang sudah di perbaiki bisa terlihat dengan jelas hasilnya, itu melakukan pengekliknya dengan keras lo.

Nah mudah bukan jadi itulah penyebab kenapa tombol klik kanan dan kiri terlalu jauh tenggelam saat diklik penyebabnya karena ada bagian yang patah, nah semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi yang membaca, jangan lupa share dengan teman yang lain supaya membantu dan lebih bermanfaat untuk yang lainya juga, Terima kasih 😊
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

2 comments

  1. Terima kasih banyak informasinya, min. Akhirnya ada artikel tentang memperbaiki tombol klik laptop yang tenggelam

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post